Senin, 09 November 2020

Materi TAV Kelas XI

-->

 Materi Teknik Audio Vidio

 

Klas                : XI-TAV

Hari/Tanggal : Senin, 09 Nopember 2020 

Materi             : Rangkaian OP AMP

Pengertian Op-Amp (Operasional Amplifiers):

Op-Amp (Operasional Amplifiers) merupakan sejenis IC (Integrated Circuit).

Di dalamnya terdapat suatu rangkaian elektronik yang terdiri atas beberapa transistor, resistor dan atau dioda. Jikalau kepada IC (Integrated Circuit) jenis ini ditambahkan suatu jenis rangkaian, masukkan dan suatu jenis rangkaian umpan balik, maka IC (Integrated Circuit) ini dapat dipakai untuk mengerjakan berbagai operasi matematika, seperti menjumlah, mengurangi, membagi, mengali, mengintegrasi, dsb. Oleh karena itu IC (Integrated Circuit) jenis ini dinamakan penguat operasi atau operasional amplifier, disingkat Op-Amp (Operasional Amplifiers). namun demikian Op-Amp dapat pula dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai Amplifier , penguat audio, pengatur nada, osilator atau pembangkit gelombang, sensor circuit, dll.

Op-Amp banyak disukai karena faktor penguatannya mencapai 99.999 kali.



Gambar Op Amp (Operasional Amplifiers)

Pengembangan rangkaian terpadu IC (Integrated Circuit) luar telah ada sejak tahun 1960, pertama telah dikembangkan pada “ chip “ silikon tunggal. Rangkaian terpadu itu merupakan susunan antara transistor, dioda sebagai penguat beda dan pasangna Darlington.

 

Pertanyaan :

Apa yang kamu ketahui tentang rangkaian OP AMP yang sering digunakan dalam rangkaian Amplifier karena simpel dan praktis ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar