Minggu, 26 Juli 2020

Materi Teknik Audio Vidio XII

-->
Klas    : XII-TAV
Hari/Tanggal : 27 Juli 2020

Gelombang Frekuensi Radio
Getaran adalah gerakan bolak-balik dalam suatu interval waktu tertentu. Gelombang adalah suatu getaran yang merambat, selama perambatannya gelombang membawa energi. Pada gelombang, materi yang merambat memerlukan medium, tetapi medium tidak ikut berpindah. Panjang gelombang dinyatakan dalam ʎ (lamda). Rumus: ʎ = 300/Frekuensi (MHz) (meter)
a.    Gelombang menurut arah perambatannya Gelombang longitudinal. Gelombang dengan arah gangguan sejajar dengan arah penjalarannya. Gelombang Transversal. Gelombang transversal adalah gelombang dengan gangguan yang tegak lurus arah penjalaran.
b.    Gelombang menurut medium perambatannya Gelombang mekanik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium tempat merambat. 8 Modul – Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru ElektronikaAudio - Video Gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang energi dan momentumnya dibawa oleh medan listrik (E) dan medan magnet (B) yang dapat menjalar melalui vakum atau tanpa membutuhkan medium dalam perambatan gelombangnya.
c.    Jenis Gelombang radio Gelombang panjang (long wave); gelombang jenis ini memiliki signal yang panjang sehingga mampu menjangkau range area yang sangat luas. Gelombang pendek (short wave); gelombang yang menggunakan udara sebagai mediator. Jenis gelombang ini adalah SW (short wave).

Pertanyaan :
Sebuah siaran radio bekerja pada gelombang 312,5 meter. Berapa Frekuensi siaran radio tersebut ?

Powered byEMF HTML Contact Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar