Senin, 14 September 2020

Materi Teknik Audio Vidio Kelas XII

-->
Klas                : XII-TAV
Hari/Tanggal : Senin, 07 September  2020

OSILATOR
Osilator adalah bagian yang membangkitkan sumber gelombang listrik sinusoidal, kebanyakan untuk jenis radio penerima menggunakan osilator LC yang ditala, dengan begitu frekwensi osilasinya ditentukan oleh kombinasi rangkaian LC tersebut, perubahan frekwensi dengan cara mengatur Variabel Kapasitornya atau Variabel induktornya.

Untuk osilator, transistor bekerja dalam rangkaian BASIS BERSAMA. Sehingga sinyal masukan dan keluaran SEPASA. Kumparan osilator harus dipasang sedemikian rupa sehingga pasanya tidak berubah.

Untuk mendapatkan frekuensi osilator dapat lebih tinggi atau rendah, oleh karena itu pada suatu pengaturan osilator tertentu dapat didengar dua pemancar. Pemancar yang diinginkan terletak lebih rendah sekitar fIF dari frekuensi osilator, pemancar yang menggaggu terletak lebih tinggi sekitar fIF dari frekuensi osilator.

Untuk membuat besar frekuensi antara, tetap pada semua frekuensi penerimaan diperlukan osilator yang frekuensinya berubah. Perubahan frekuensi osilator harus serempak dengan oerubahan frekuensi penerimaaan.

Dengan kapasitor variabel dan dioda kapasitor dapat merubah frekuensi osilator secara KONTINYU. Dalam tuner sythensizer, perubahan frekuensi dapat dicapai dalam interval yang kecil (tuner adalah pesawat penerima tanpa penguat AF).

Jawablah soal berikut :
Jelaskan fungsi Osilator dalam rangkaian elektronika ?



SELAMAT MENGERJAKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar